Wednesday, September 26, 2007

NaSi aLa MeRTuaKu

Bulan puasa ...enaknya posting apa yah??? yah posting yang enak2 aja ..
Perkenalkan nasi kuning ala mertua gw ... yg kuningnya tanpa gunain kunyit, curry, ato pewarna kuning yg lainnya ... penasarankan???
Nih gw bagi2 deh resepnya.

Bahan2:
Beras
1 buah Paprika merah, potong kecil
1 gelas kacang polong, potong kecil
1 butir bawang bombay
2 buah dada ayam ( tp di foto gak ada ayamnya, kebetulan kemaren bikin ayam panggang jadi gak lucu kan nasinya dipakein ayam juga ...tp biasanya kita bikin pake ayam )
2 buah wortel, potong dadu ( hihihih sory lagi... secara kemaren gak ada wortel dikulkas ... jd bikinnya gak pake wortel ... )
Air kaldu
Garam dan Merica hitam bubuk.

Cara membuat:

Tumis bawang dan paprika dengan minyak jagung (terserah sih sebenernya) ...sampe kekuningan.



Lalu masukin beras yg udah dicuci bersih. Aduk2 mpe rata ... Lalu masukin garam dan merica bubuk.


Aduk2 terus beras ...sampe warnanya kayak foto diatas, nah kalo pake ayam, saat nya ayam dimasukkan,dan aduk2 bentar ... Lalu masukin air kaldu, aduk2 lagi.



Setelah itu masukin kacang polong dan wortel. Aduk Dan langsung tutup pancinya ...
Jangan lupa kecilin api ... nanti nasinya gosong ...



Coba buka panci ... nyam..nyam... dah mateng tuh ...


Jadi deh !!! Nasi kuning ... yg rasanya sih beda banget sama nasi kuning di Indonesia (tetep enakan ansi kuning indo kali yeh, apalagi nasi tumpeng!!)

Tp ini enak jua kok ... sehat juga...soalnya ada sayurannya ... trus buat bayi kayak nadine juga bagus ... gak kebanyakan bumbu ..jd gak bikin perutnya sakit ...
Trus buat yg lagi diet juga pas...soalnya gak ada santennya ...

Kemaren pas buka puasa sih makannya pake ayam bakar .... nah resepnya gw kasih ntar2 aja deh ... kasian yg lagi puasa...ntar malah pd mupeng!!!!

43 comments:

  1. waaah, tau aja mitra lagi belajar masak... :P

    sampe dikasih resep segala, hmm... kayaknya patut dicoba nih jeung...

    btw, kasih resep kue basah dung, yg mudah dibuat n enaaaak :P (hehehe, kok aku jd request ya??) ^_^

    ReplyDelete
  2. @mitra:

    asik2... ada yg mo nyoba resepku ...
    oke deh ..ntar kalo au bikin kue..kuposting juga disini

    ReplyDelete
  3. Cha, kok bisa jadi kuning ya berasnya. Pengen coba juga ah. Kan lumayan klo ditanya orang bisa ngejawabnya "gak pake kunyit kok".
    Jangan lupa bagi-bagi resep ayamnya ya. Awas klo gak dibagi *ngancam nih!*. Just kidding!!!

    ReplyDelete
  4. Hallo Icha...
    Wah lihat aja terasa sedaaap...Hiks.. Ky nya salah waktu Iza datang ke blog ni...baru jam 8.20pagi waktu Malaysia huhuhu...

    ReplyDelete
  5. ntar bolehlah dicoba resepnya kalo rafi dah maem nasi :)

    ReplyDelete
  6. Baru pertama kali ini lho Cha aku tahu naskun tanpa kunyit. Kok bisa ya? Perlu dipraktekkin nie.
    Biasanya kalo aku bikin ya pake kunyit, salam, dan sereh.

    ReplyDelete
  7. mba..kalo polongnya diganti sama jagung bisa kan?
    pengen bikin nih jadinya.
    itung2 belajar biar jadi istri eh anak yang baik. hehe.. ^^b

    ReplyDelete
  8. Aku juga mau nyobain. Pas lagi diet juga nih.


    *nyolong nyium Nadine, secara sembunyi-sembunyi. biar nggak disuruh bayar :D*

    ReplyDelete
  9. waaahhh kyknya enak nihhh... thanks resepnya Mbak.. mw nyoba aggghhh *kapan-kapan* :D

    ReplyDelete
  10. waahhh kyknya enak nihh nasi kuning mertuanya,, makasih resepnya yaa Mbak,, patut dicoba :D

    ReplyDelete
  11. Ini masakan dari daera mana ya ? Kesannya spt Timur Tengah / India gitu :D
    Pake minyak jagung lebih sehat ya ? :)

    ReplyDelete
  12. waduhhh sepertinya lezat sekali, dan masaknya gampang :) cobain ah

    ReplyDelete
  13. aaaarrrrrrrggghhhhhhhh...pagi-pagi dah bikin orang ngiler...bo..gw kalau ngidam itu gimana yah?...apa mau lo kirimin ke gw...hikhik...

    ReplyDelete
  14. Untung aku pas ga puasa, jd bisa ambil air putih n ngebayangin makan nasi kuning heheh..

    Hasil akhirnya cantik kok, pasti pada selera makan & keknya enak.

    ReplyDelete
  15. Wah, dari foto2nya aja udah bikin ngiler... resepnya ta' coba yah.. :D

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
    --------------
    PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

    ReplyDelete
  16. Wah .., menggoda selera nih .., tapi gak bisa masak nya .. :)). Maklum anak kost :p

    ReplyDelete
  17. @Vie:
    ayo dicoba, bikinnya gampang banget kok vie ... tenang2 ntar dipostingin deh resep ayamnya.

    @Iza:
    hahaha emang sengaja sih ..kuposting ini..biar yg lagi puasa pd ngiler..hihih berdosa banget sih gw...

    @mama rafi:
    lah knp gak masak bwt mbak sendiri? spy rafi mimi susunya jd rasa nasi kuning :P

    @ani:
    ayo2 dicoba...gampang kok bikinnya

    @ai:
    ide bagus tuh ... pake jagung pasti juga enak,ntar aku coba jg deh.
    cieehh ai..kyk dah ngebet gituwh pgn jd istri orang ...

    @merahitam:
    LAgi diet yah??? pas lah resep ini ... tapi tetep aja...makannya jangan kebanyakan yah ...
    hey ..kasih URLmu duong!!!

    ReplyDelete
  18. @Diah:
    kalo dah nyoba..kasi tau yah..enak ato gak ..berhasil ato gak ...otcheh!

    @Jie:
    emang ini masakan khas timur tengah. kalo pake minyak jagung..rasanya bakal lebih gurih ...perasaan gw doang kali yah?

    @mbak Tia:
    aduh seneng deh kalo denger ada yg mo nyoba resepku

    @henny:
    duh kasian banget deh ibu hamil ini ...jd inget jaman hamil dulu.

    @salma:
    rasanya emang enak kok..kyk fotonya...

    @kampret nyasar:
    mas ngapain di afrika barat??? bener yah cobain resepku

    @jengkolholic:
    Sayang yah..pdhl nasi ini mungkin enak pake semur jengkol :D

    ReplyDelete
  19. jadi lapar banget nieeeehhhhh... :D bagi dong,,, buat saurrr... pasti mommo habisin dech

    ReplyDelete
  20. hmmm yummy,,,wajib dicoba niihhh...slurp..

    ReplyDelete
  21. @Mommo:
    Lari aja mo..ke warteg terdekat...abis kalo aku kirim ke kamu..ntar keburu basi dijalan.

    @gies:
    ayo...silahkan dicoba ... enak kok...sumpeh deh

    ReplyDelete
  22. Ajib-ajib.... Uenak banget.... (KAYAKNYE)

    ReplyDelete
  23. suka jagung juga ya mba? asiik..hehe.
    Nanti dicoba bikin ah pas weekend. hehe.
    Ngebet pengen jadi istri?
    Bisa aja nih si mba. Maunya sih 5 th lagi. hehe. ;))

    ReplyDelete
  24. ama nasi kuning samarinda enakkan mana yach ??
    kalo di samarinda nasi kuningnya pake banyak pilihan lauk, seperti ikan gabus,ayam dan telur...
    hhmmm..wuenak..

    tapi beda banget ma naskun ( nasi kuning ) jakarta dan bandung...

    tapi semuanya enakkk...

    ReplyDelete
  25. Sedang berpuasa.. jadi n****r :D. Tahan.. tahan... :). Oh ya Mama nadine... 'N pesen resep yg unik dong buat lebaran :D, khususnya kue kering.. Ya. kali ajah Mama Nadine punya resep khusus *Mudah2an 'N diberikan panjang umur....

    ReplyDelete
  26. nyam..nyam.. pasti enak :) btw ntar kalo' Nadine maen ke rumah Ammar, Bunda traktir naskun ala Samarinda dei... lauknya "iwak haruan masak habang" (Ikan gabus bumbu merah)...enak lho... :)

    ReplyDelete
  27. Waaaaaaaaaaaaaaaaaa... Ampe ngiler nih liatnya :)) Dan gawatnya, baunya juga kok ya bisa sampe sini ya?

    ReplyDelete
  28. Wow... pinter masak ya, Mbak?
    boleh dunkz aku dapet kursus gratis! Hqhqhq... xD
    Uhmmm... dr resepnya, udh kebayang tuh rasanya kayak apa! =P~
    *berasa jd pak Bondan Wisata Kuliner!* xD

    ReplyDelete
  29. @cemol:
    Emang enak kok mol..gak kayaknya doang.

    @Ai:
    ah si Ai ini ...calonnya dah ada gitu loh ...masa harus nunggu 5 tahun lagi.kan kacian...

    @pak Koz:
    kayaknya enak semua tuh pak ... tapi naskun samarinda wajib dicoba nih ... tp kapan yah???

    @'n:
    emang niat gw ..ngepost..biar pd ngiler...hehehe..
    kue kering??? beli jadi aja..lbh gampang

    @bunda ofa:
    kalo gitu aku pesen deh naskun ala samarindanya :)

    @neng Keke:
    Walaahhh ... serius negh ???

    @nilla:
    pak bondan??? aku taunya dulu artis cilik namanya bondan prakoso..apakah sama???

    ReplyDelete
  30. suer, bikin ngiler neh.,
    selesai baca posting ini aja aLe sampe telen ludah :D
    pdhl skr jam 12 siang.,
    huhu, lapaaaaarrrrrr

    ReplyDelete
  31. duh kayanya enyak (nyak enyak enyak) nih...nanti dicoba deh..beneran bikin mupeng :D

    ReplyDelete
  32. Main ke blog ini,
    nelen ludahnya berapa kali.... hahhahahaah

    mau diprint ya mbak,,,,,
    btw,,, emang mertuanya orang manah mbakk?

    ReplyDelete
  33. gw penggemar nasgor Cha...
    liat gambar lo itu tiap kemari bikin ngeces. Tp gw cuma sebates doyan n ga minat masak.
    Jd kl lo mudik, gw request minta bikin in yg kaya gini...
    kekekekkk... ngarep.com

    ReplyDelete
  34. @faisal paijo:
    hihihihihi

    @djoko:
    laper?yah makan lah

    @ale:
    emang niat gw posting makanan supaya yg puasa pd ngiler :D ..kaciaann deh loe

    @unai:
    duh senangnya gw..pd mupeng kakakkak

    @putri_angga:
    silahkan diprint, dengan senang hati ..
    mertua ku orang Mesir.

    @novee:
    tenang aja noph ... gw hobby banget masak memasak, waktu jama kuliah dulu, gw paling terkenal deh soal masakin orang.
    insyaAllah gw masakin yg lbh mantap dr ini.

    ReplyDelete
  35. wah, nasi kuningnya rame banget.. isinya bener2 macem2..

    btw aku nunggu kiriman nasi gorengnya aja deh, coz gak bisa masak, dan di kostanku juga gak ada peralatan masak :D

    ReplyDelete
  36. Thanks for your food, very good.
    Have a good day

    ReplyDelete
  37. @wahyu:
    anak kost mah gak perlu masak yu ... tinggal kewarteg aja.

    @david santos:
    wah ada bule' nyasar kesini ..

    thank you david for visiting my blog.

    ReplyDelete
  38. wee... bagi2 cuman resep doank... bagi2 matengnya juga lah :-p

    ReplyDelete
  39. Mbak makanannya bikin aku ngiler nie. Gmn dong...? Kirim ke t4ku ya hehehe :D

    Tx ya dah mampir ke blogku :-)

    ReplyDelete
  40. wahhh ngebuatnya gak terlalu rumit ya mbak..tapi hasilnya kayaknya menarik dan enak sekali..nanti ak coba ahhh makasih ya mbak resepnya...:)

    ReplyDelete
  41. kayaknya oks bangget nih. :D

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya