Tuesday, January 22, 2008

SiaPKaH KaMu

Sholatlah kamu sebelum kamu disholatkan


2 minggu yg lalu ... gw dikagetin sama seorang tetangga, yg ketok2 pagi2... Ternyata menyampaikan berita duka. Bapaknya meninggal!
Innalillahi wa innailaihi rajiun.
LAgsung lah gw telpon mertua, tuk bilang kalau siang ananti gw ke MEsjid Maryam tuk ikut sholat Jenazah. Eh ternyata mertua gw bilang, kalo tetangganya juga ada yg meninggal & bakal disholatin diMesjid Maryam juga. Subhanallah *pikir gw waktu itu* kok bs ngepas, kayak janjian ajah.

Pas sampe Mesjid, rameeeeee banget. Dah kayak pasar tanah abang. Mungkin yg meninggal lumayan tenar dimasyarakat, jd yg ngelayat rame. Langsung lah gw ketempat sholat bagian wanita. Disana sudah ada seorang wanita tua yg biasa gw panggil Hagga Samira. Dia ituh yg suka jagain & bersihin mesjid.
Secara suasana yg bener2 rame banget, kalo rame pesta sih gak papa..ini ramenya berduka cita. Belom lg denger suara tangis, yg bkn gw ikut mewek juga.
MErtua gw bilang, masaya Allah ... yg ngelayat rame yah. Hagga Samira ngejawab "Iyah memang tidak biasanya, karena ada 11 mayat hari ini tuk disholatin"
Gw yg denger lgsg merinding ... 11 mayat??? ini baru satu Mesjid ... pasti ada juga mayat2 diMesjid lain. YA Allah, begitu banyak yg bersedih hari ini.

Nah kejadian ajaib 2 minggu lalu yg masih belom ilang dr ingatan gw ... kejadian lagi hari ini. Ini malah lebih parah. Bayangkan 31 Mayat hari ini!!!! tanpa ada perang, tanpa ada flu burung, tanpa ada kolera, tanpa ada ebola ...
Apakah ini tanda2 kiamat sudah dekat??? apakah justru gw yg bakal disholatin besok???

Wallahualam

49 comments:

  1. Tapi yang meninggal pertama 11 orang itu, apa udah tua tua bunda ??

    jika bener, berarti mereka meninggal karena usia renta dan malaikat pencabut nyawa emang deket banget ma dia..

    Semoga bunda sekeluarga senantiasa diberi umur panjang nan barokah..amin allhumma amin..

    ReplyDelete
  2. turut berduka cita..apa yang meninggal adalah orang yg udah lanjut usia ?? jika iya, berarti ya malaikat pencabut nyawa emang ada jadwal piket buat manggil dia..


    semoga senantiasa diberi umur panjang nan barokah sekeluarga..amin allahumma amin..

    ReplyDelete
  3. iya nich...saya siap nggak ya ? tapi kan bukan jawaban siap ato nggak...yang di butuhkan bekal buat nanti di alam sana sudah cukup belum...

    ReplyDelete
  4. wkt tgl 1 januari kmrn, pagi2 aku udah tlp, temenku meninggal dan temennya suamiku jg meninggal. Jadi kami pergi masing2 nglayat ke tempat berbeda.......cuma disini mesjid banyak, blm pernah tuh ya 1 mesjid mensholatkan 11 jenazah sekaligus..

    ReplyDelete
  5. Postingmu pas banget dengan suasana hatiku. Beberapa hari ini aku selalu memikirkan kematian. Aku berada salam suatu ketakutan, takut tiba2 dipanggilNya, padahal aku belum siap.
    *Btw, nggak jadi hiatus Cha?*

    ReplyDelete
  6. Ya Allah, banyak sekali...
    waktu aq umroh 2 thn lalu, setiap hari memang ada saja mayat yg disholatkan di masjid, tp ga sebanyak ini....

    ReplyDelete
  7. Hu hu, minggu lalu tetangga gw jg meninggal lho Cha. Gak sempet ngelayat krn tau2 dia dah sakit di RS trus jenasahnya dibawa ke luar kota. Jadi cuman ikut tahlilan aja hari Sabtu kemaren. Emang kematian utk ngingetin orang yg masih hidup spy sadar kematian itu pasti datang ke semua mahluk hidup....

    ReplyDelete
  8. Hanya Tuhan yang tahu kapan kita akan berpulang ^o^

    ReplyDelete
  9. iyak kali yeee....kiamat udah deket. rumah gua yg baru kan deket banget sama mesjid, dalam seminggu ada kali tuh mesjid ngumumin berita duka cita 2 kali.

    ReplyDelete
  10. setiap yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya... tak ada yang kekal dan abadi kecuali Sang Maha Segalanya.... apa yang harus kita lakukan hanyalah berserah diri berharap semoga kelak saat kita menghadap kepada-Nya dalam keadaan yang baik dan tentunya tetap memegang teguh sebuah hal sakral yang harus kita jaga sepanjang hayat... IMAN..... semoga kita mendapat hidayah-Nya untuk tetap melangkah di jalan-Nya... amin....

    ReplyDelete
  11. aduhh..jangankan mbak Icha yg ngeliat langsung, saya aja yg mbaca merinding ding ding..semoga mengingatkan kita untuk banyak2 menumpuk Amal kebaikan..

    ReplyDelete
  12. turut berduka cita Cha.

    trus lo udah tau belom mrk sakit apaan kok bs sampe banyak makan korban?

    kena virus kl ya Cha, kl gak kenapa ya? jd ikut mikir gw.

    ReplyDelete
  13. senada dg tulisanku *halah malah promosi* Menghargai Kehidupan :mrgreen:
    tidak sekedar mempersiapkan saat kepulangan kita tapi lebih pada memberi makna pada jejak langkah kita
    salam kenal Mbak :D

    ReplyDelete
  14. tetangga2 kanan kiri ku juga udah mulai pada "bertumbangan"....gemeteran sendiri...

    ReplyDelete
  15. Aku ikutan merinding nih bu..
    Tp mungkin ini hal mudah untuk Allah..
    Titik balik dari semuanya adalah saat kita menyadari ini dan meyakini kematian itu pasti..
    Kita sama2 untuk saling mengingatkan ya bu.. dan menjaga sillaturahim dgn dalam

    ReplyDelete
  16. kapan ya malaikat pencabut nyawa main ke RSPP
    :D

    ReplyDelete
  17. lha masjidnya sebesar apa ya Mbak, trus kok bisa sampai banyak gitu ya yg disholatkan? apa memang budayanya seperti itu musti disholatkan dimasjit itu. kebayang deh betapa ramenya tuh masjid.

    ReplyDelete
  18. kapan ajal itu datang, tak satupun yang tahu, itu adalah kehendak Allah SWT.

    mungkin itu bedanya Mesir sama Indonesia, mungkin disana Mesjid tidak sebanyak di Indonesia, jadi satu masjid men sholat kan jenazah lebih dari satu.

    Atau jangan2 itu salah satu masjid yang populer, jadi banyak yang minta di sholatkan di mesjid ini :)

    ReplyDelete
  19. iyah kog banyak banget gitu, apa masjidnya special yah
    turut berduka...

    ReplyDelete
  20. ajal... rahasia
    bisa kompak, bisa sendiri2
    gada yg tau

    ReplyDelete
  21. bintangnya broke back mountain juga meninggal tuh....kayaknya selaen musim kawin, juga musim mati

    ReplyDelete
  22. Wah bacanya jd ngeri neh..baru di Mesir belum di negara2 lain ya...Mau Sholat Taubat ahk....

    ReplyDelete
  23. ahh,,rahasia Alloh..mdh2an kita semua sdh siap dengan bekal kita tuk akhirat yaa...inshaallah.

    ReplyDelete
  24. Aduh kalo udah banyak kayak gini aku langsung merinding. Rasanya masih belum siap deh soalnya bekalnya belum cukup.

    ReplyDelete
  25. turut berduka cita...tapi emang keknya kiamat sudah dekat..

    ReplyDelete
  26. nih dada masi deg-deg an aja bun. pengen nangis rasanya, tapi. Lillahi Ta'ala aja deh bun.

    Allah kan Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

    ReplyDelete
  27. wah dalam sehari bisa sebegitu banyaknya...duh, speechless saya :(

    ReplyDelete
  28. koq bisa kompakan gitu sih berangkatnya...mungkin turunya ga barengan kale :)

    ReplyDelete
  29. ada pepatah mengatakan, ketika seseorang meninggal dan akan dikuburkan, kamu akan melihat bagaimana dia selama hidupnya, dengan melihat jumlah orang yg melayat dia. Ini postingan jadi pengingat juga untuk saya, kita nggak tau ya kapan waktunya itu akan datang, mending mulai siapin diri untuk itu, dari sekarang, thanks for sharing ya dear

    ReplyDelete
  30. Wah...beneran tanda2 kiamat sudah dekat makin banyak aja :(

    ReplyDelete
  31. ya allah banyak banget yah....memang hanya allah yang tahu kapan waktunya akan tiba...wallahualam

    ReplyDelete
  32. wah...
    apa yg harus kita persiapkan ya...

    jadi takut...

    ReplyDelete
  33. Huah.. mesti buru2 tobat neh.. ;)

    ReplyDelete
  34. sedih bgt...umhhhh, kalimat pertama itu bener bgt, sholatlah sebelum disholati...

    ReplyDelete
  35. Jeng, yang meninggal banyak tapi yang lahir banyak juga loh...
    cuman ya itulah, kita engga tahu persis kapan waktu kita tiba buat meninggalkan dunia ini.

    Met wiken Cha.

    ReplyDelete
  36. waaa kok serem banget ya dengernya. ada 31 jenazah yang disholatkan di masjid yg sama...

    ReplyDelete
  37. tobat2, insaffffffff

    ReplyDelete
  38. makasih bunda, karna sudah mengingatkan aku ... akan hakikat hidup... yaitu menyiapkan amal ibadah kita hingga waktu yg ditentukan tiba...

    ReplyDelete
  39. *Aku malu, Kena sindir telak....
    Sering ninggalin sholat.

    ReplyDelete
  40. just traficcing nih....
    kalo tempat ku mba, ada istilah yg lebih baru lagi, "shalat lah kamu sebelum kamu dishalatkan" udah terasa basi, dan kadang ga ngefek. jadi diganti dengan "mandilah kamu sebelum kamu dimandikan orang"....kayamya lebih ngena... :)

    ReplyDelete
  41. eamg ada yah, satu masjid tp shalat jenazah nya bareng sekaligus banyak, trus antar jenazah yang dishalatkan ga ada hubungan walaupun penyebab meninggalnya????? tanda mau kiamat beneran tuh kayanya (tp ga mungkin, ga ada dalam riwayat Nabi SAW)

    ReplyDelete
  42. karena itu, sebaikna kita hidup hari ini, seakan-akan kita akan mati esok hari,....apa yang kita inginkan terjadi saat kita pergi,...haruslah kita tanam dari sekarang..

    ReplyDelete
  43. wah, serem juga ya, mbak... aku plg suka down klo ngelayat org... apalagi klo ngalamin kayak mbak, ngliat banyak mayat sekaligus. kok bisa2nya...
    emang umur manusia ngga ada yang tahu...

    ReplyDelete
  44. kiamat pasti makin deket!!! Apa mungkin makin jauh? Hehe.. Becanda dulu boleh kan :-)
    Kematian adalah salah satu kiamat kecil.
    Satu ucapan saja "Ya Allah, jika sisa umur ini, hamba lebih banyak melakukan maskiat daripada amal kebaikan. Hamba ikhlas jika Engkau memutuskan hidup hamba. Dan berkahilah sisa umur ini dengan takwa kepadaMu."

    ReplyDelete
  45. sungguh aku merinding sekarang Cha, baca ceritamu di atas, kok bisa ya sampai 11 dan 31 mayat di hari yang sama.

    Kalau semua orang selalu ingat kematian, Insya Allah nggak ada deh kesombongan, ketamakan, perang bener nggak Cha?

    ReplyDelete
  46. Astaga.. serem banget mbak.. 31 org? tanpa ada kecelakaan bis ato apa? ga kebayang de.. T___T

    ReplyDelete
  47. wah, aku juga ikut merinding bacanya..

    kalo ditanya siap atau belum sih aku sepertinya BELUM SIAP.. masalahnya malaikat pencabut nyawa gak bakal nanya kayak gitu pas tiba giliran kita.. siap gak siap bakal dia cabut..

    aku cuman berharap semoga nanti aku meninggal dengan khusnul khotimah..

    *mau balik dulu sholat isya. jadi ingat sholat gara postingan ini. thanks Cha*

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya