Thursday, November 8, 2007

CemiLan AneH


Pasti pada bingung degh liat foto disebelah .. iih foto apa tuch ... iya fotonya gak jelas...maklum aja fotonya buru2 & sembunyi2, takut ke gep sama laki gw yg anti banget kalo ngeliat gw foto2 sesuatu yg bagi dia gak layak di foto.

Anyway ... itu kwaci hasil olahan ibu mertua gw. Hah!!! kok item gosong gitu ... kwaci apakah itu????
Agak2 malu nyeritainnya .... Secara gw punya mertua yg amat sangat kreatif dalam hal masak dan makan ... dia juga seorang yg paling sayang dalam membuang sesuatu ...
Karena kebiasaannya itu ... terciptalah cemilan ini ...
Kwaci itu adalah biji2 semangka ... 2 bulan yg lalu, disini nih musim semangka ... guede2 banget semangkanya, mpe bijinya juga guede banget ...
Setiap kali kita makan semangka, pasti mertua gw selalu ngingetin tuk jangan diuang bijinya. Yah, dengan perasaan terpaksa ... yah kita ikutin aja.

Tuh biji2 semangka yang tak berdosa, dicuci bersih, dikeringin disinar matahari. Trus kalo dah kering, disimpen ditempat yg kering... biar nunggu biji2 yg lain ... supaya banyak gituh maksudnya.
KAlo dah banyak...biji2 malang itu tinggal dioseng2 di wajan penggorengan dengan dibubuhin garam sesuai selera.
Selese deh ... siap disantap deh tu para biji.
Soal rasa siiiihhh ...yaaahhh lumayan, drpd gak ada ... tapi kalo ada kwaci beneran, gw mah milih yg kwaci beneran ...

Ayo sapa yg mo coba?????

*****Sekilas Info*****:
oya besok gw mo ke Cairo, ada sedikit urusan ... Baru Pulang Hari Sabtu

55 comments:

  1. Kwaci asli juga dari biji semangka kan Cha ? Eh....sekarang banyak yang dari biji bunga matahari kok ya?

    ReplyDelete
  2. Kwaciiii...cemilan favorite kalo iseng :D

    ReplyDelete
  3. Mbak, boleh deh dikirim ke Surabaya, lumayan buat camilan, eh request foto mertua dong, seru kayaknya :-)

    ReplyDelete
  4. hebatttt..mertuanya bener2 kreatif...
    Cha emulsifier itu gunanya adonan kue yg ngantri..tapi klo kita buat kue sekali masak(maksudnya g berlapis2)gak perlu pake emulsifier tuk dikukus...
    klo di indonesia ada merk TBM,SP dll...mo kukirimi dari sini?disini untungnya banyak hehehhe

    ReplyDelete
  5. huwaaahhhh kreatip amat emak mertua yaa?? hehehe....tapi lumayan juga kalo misalnya emang lagi pengen banget ngemil2 dan nggak ada cemilan. aku kalo gak ada cemilan suka sampe stress hahahahah

    ReplyDelete
  6. idenya kreatif, tak ada rotan akarpun jadi...
    mantabss..

    ReplyDelete
  7. Wah sama juga ya berati dimana2 ada kwaci. Dinikmati aja kwacinya,itung2 nyenengin mertua :D

    ReplyDelete
  8. spertinyaah...hamsterku juga doyan kwaci de...;))

    ReplyDelete
  9. gw pertamaaaa..

    yeee..!!!

    soal cemilan itu, mending gw nyoba yang lain ajah..

    peace..

    ReplyDelete
  10. maklum aja fotonya buru2 & sembunyi2, takut ke gep sama laki gw yg anti banget kalo ngeliat gw foto2 sesuatu yg bagi dia gak layak di foto

    =))
    masih nyambung sama postingan sebelumnya
    =))

    ReplyDelete
  11. kwaci makanan kesukaanku tapi bikin bibir jontor..hehe. Ke Cairo, jan lupa oleh 2nya yah..foto yang buayak :), take care hanibani

    ReplyDelete
  12. weee..

    gw yang pertama nih..

    sola cemilan ituh, mending gw ngemil yang lain ajah deh..

    hehehe

    ReplyDelete
  13. Cha, sumpah, pertama kali liat fotonya, gw jd senyum2 nahan tawa. Kreatif bgd emg mertua km, apa disana g ada kwaci beneran gt???

    ReplyDelete
  14. hihi, td sempet kukira biji kopi mbak :D

    ReplyDelete
  15. Mau donk, kebetulan lagi laper neh

    ReplyDelete
  16. hahaha....aku kira makanan dr planet mana gitu, mbak. :D
    seru seru...cuma kl emang ada kwaci beneran aku nga milih buat nyoba ah, takut keselek :D

    ReplyDelete
  17. hebad banget ibu mertua-nya.. ampe ngumpulin biji smangka padahal saat ini banyak semangka tanpa biji he..he..
    aku mawu dong kwacinya.. he..he.. jadi inget jajanan SD kala gak punya uang jajannya kuaci.. banyak dan lama abisnya he..he..

    ReplyDelete
  18. baru lihat kali ini ada kuaci warnanya item, gede gede lagi

    ReplyDelete
  19. Enak tuh..sambil nge-beer sambilanya kwaci ^_*

    ReplyDelete
  20. sebelum baca td dah nebak kl itu kwaci..eh ternyata bener..he..
    kalo gratis kayaknya apa2 enak mbak..he..

    ReplyDelete
  21. OMG!!!
    mertua lo ituh bener2 deh...

    ngeri gw kl ketemu dia, soalnye gw takut sendal kulit gw jangan2 dikeringkan & di oseng2 nya pula...!

    halaaaah... kapan2 lo posting kan lah wajah ibu mertua lo ituh... gw mo tau bang ged!

    ReplyDelete
  22. Lagi kangen ama cemilan masa kecil ya?
    Kalo kwaci (item/putih), bikinnya cepet makannya lama.
    Kalo "Jenang", bikinnya luaaama, makanya cepet.

    ReplyDelete
  23. RASA CINTA YA..............CEMILAN RASA CINTA

    ReplyDelete
  24. Kreatif amat, sampai jadi item kayak gitu mbak.. ditaburi garam rasanya juga percuma, bukankah kulitnya keras ?gimana garamnya bisa meresap?
    mgkin mbak bisa memberikan ide biji2an lain yang bisa diolah jadi kwaci2 yang lebih baik dari rupa maupun rasa hihihi
    keep writing mbak :D

    ReplyDelete
  25. ohh itu biji semangka ya mbak....ya ampun saya kira tadi itu serangga kyk kumbang2 kecil hahaha....sapa tau digoreng juga...:P *becanda lho mbak*

    ReplyDelete
  26. Icha, sudilah kiranya mengirimkan kwaci bikinan mertuamu itu ke Indonesia...pls dech akh!!

    ReplyDelete
  27. komentar pertama, nyahahahaha

    "Soal rasa siiiihhh ...yaaahhh lumayan, drpd gak ada ... tapi kalo ada kwaci beneran, gw mah milih yg kwaci beneran ..."
    ----> judul postingan yg tepat: Kuaci Mertuaku Nggak Enak

    ReplyDelete
  28. ooh itu kwaci, gw pikir poto beras ketan item :) slamat makan kwaci ya Cha, sambil nonton tv asik tuh, gnatinya popcorn..hmm kulitnya jgn dibuang yaa siapa tahu mertua tercinta punya ide cemerlang lainnya utk memanfaatkan kulitnya :)

    ReplyDelete
  29. wah wah komentar udah banyak nih, lagi2 aku ketinggalan sepur.
    Berarti Ibu Mertua perlu di acungi jempol, jadi semua benar2 bisa di olah.
    Disana ada Nangka apa enggak ?
    Kalau ada, gantian Cha, abis makan buah Nangka, bilang : bijinya jangan dibuang, terus bijinya dikumpulin dan direbus. Kalau di pedesaan daerah Jawa Tengah + Jogja, rebusan biji Nangka kan dimakan, pernah coba ?

    ReplyDelete
  30. wekekekek...
    another story of mertua...

    kekekek, kreatip banget sih...
    dijual aja di indo, jadi bisnis tuh.. paling pada gak tau aslinya apaan..

    hihihi...

    ReplyDelete
  31. Ha..ha...maklum lagi CHa, orang arab kurang camilan, tapi kwaci yang bener yah yang dari mertua situ, yang biasa kita makan kan kwaci pabrik :)

    Btw, setuju dg usulnya Novee,menunggu posting foto mertua tercinta...

    Caironya apa kabar?

    ReplyDelete
  32. Hi! My name is Project 71. Weird name I know, but my masters are weird too. My masters apologize for such an out-of-context comment and they know how painful such spamlike comments are. But, say masters, how else are we to present something good to the world. By that they mean me :D. Kindly see what I am about. Won't take you more than 22s to read... http://www.project71.com/readme Enjoyy!

    ReplyDelete
  33. pernah makan kwaci dr biji sonnenblumen Cha ? enak juga lho, makanya burung2 yg ada di kebunku suka sekali, lha enak tenan lho dogoreng garing tanpa minyak, walau capek juga mencicilnya hi..hi..hi

    oleh2 cerita dr cairo ditunggu ya ^_^

    Schönen Tag noch !

    ReplyDelete
  34. pernah makan kwaci dr biji Sonnenblumen Cha ? uenak tenan lho, makanya burung2 yg di kebunku suka sekali

    ditunggu cerita dr Cairo ya ...
    Schönen Tag noch ^_^

    ReplyDelete
  35. Kreatif juga tuh mertua kamu Cha.

    Hihihi.... makan kwaci perlu kerja keras. Ngupas pake giginya itu loh.

    ReplyDelete
  36. Jadi mau jalan2 ke Cairo ?
    Jangan lupa photo2 nya ya Cha.
    Terima kaih, pagi2 (di P. Jawa lho) sudah dapat komentar.

    ReplyDelete
  37. gue pikir tadi bijik kopi hehehe

    ReplyDelete
  38. mertua icha mungkin sama dengan ortuku beliau sayang membuang barang2 lama hehehe... BTW kwacinya mungkin tidak seenak kwaci beli.. tetapi saya yakin lebih bergizi karena tanpa bahan pengawet hihihi...

    ReplyDelete
  39. Wah..kok bisa pas gini ya?
    Pas baca postinganmu ini..ai lagi makan kwaci mba..hehe..
    Tapi aku jadi penasaran sm kuaci versi mertuamu itu.. ^^

    ReplyDelete
  40. Pertama ngeliat gambar aku kira itu kopi.
    Yah lumayan buat melewati waktu ngemil kwaci kan...

    ReplyDelete
  41. huhu.,
    memang keren mama nadine neh ;)

    *nunggu skrinsyut yg dr kairo*

    ReplyDelete
  42. Haha.. Ini blognya jadi kayak buat review makanan... :)

    Mbak, ulas tentang piramida dunk klo ada...

    Hoho

    ReplyDelete
  43. mau ke cairo....oleh oleh nya ya mba

    oh ya kalau mau belajar scrollan: mba buka blognya bang rohman deh banyak belajar juga di situ:http://kolom-tutorial.blogspot.com/

    ReplyDelete
  44. Aku suka yang matahari daripada semangka!

    ReplyDelete
  45. buseeet.. hahahahahaha.. enak gitu makan biji semangka? bisa ditelen gitu? O_o
    ngeri banget.. hihi.. ntar tumbuh semangka lho di atas kepalanya mbak.. :P

    ReplyDelete
  46. buat nemanin bw kayaknya cucok banguet tuh mba ??... btw kwaci di sono rasanya asiz apa maniz..

    ReplyDelete
  47. enak nggak?
    kalo item dekil tapi enak, saya mau nyoba...
    hehehe...

    haduh, saya lama nih gak comment disini.

    ReplyDelete
  48. wah masih aja kwaci dari semangka...kwaci zaman sd dulu ampe bibir pada jontor karena asyiiinnnn...sekarang kwaci dari biji labu and bunga matahari tuh...dari semangka malah dah jarang...

    ReplyDelete
  49. tu kwaci langsung dimakan gitu, mba ?? ga dikupas dulu gitu ??

    ReplyDelete
  50. aku paling gak seneng makan kuaci, effortnya terlalu besar untuk mendapatkan bijinya yg gak seberapa hehehe /*namanya juga kwaci :D

    ReplyDelete
  51. wahh
    kreatiff be ge te,hoho
    biasanya biji bunga matahari, ini semangka. jd penasaran nih.
    btw, klo biji alpuket bisa ga yah? hahaha ngacoo

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya