Monday, November 24, 2008

KeBaB, ShihS TaWooK & BuRunG DaRa GoRenG


Kebab di Mesir sini, beda dengan kebab yg ada diIndonesia. Sama sekali gak bisa disamakan dengan Abra Kebab yg ada diIndonesia. Juga beda dengan Donner Kebab yg biasa dijual2 orang Turki di negara2 Eropa/Amerika. Kebab2 yg biasa diIndonesia/Eropa/Amerika itu, disini *dan negara Arab pada umumnya* disebut Shawerma.
Sedangkan yang disebut Kebab di Mesir sini bisa dibilang kalo diIndonesia mungkin daging yang di Grill. Seperti yg ada diFoto sebelah.Saya sebagai pecinta apa2 yg berbau grill, pastilah amat sangat mencintai Kebab. Karena itu resto kebab termasuk salah satu Resto favorit saya disini.
Shihs tawook sendiri, sperti yg kita bs lihat diFoto. Sama aja sebenernya sama Kebab. Grill2an juga, cuma bedanya Shihs Tawook ini bahan dasarnya daging ayam. Suatu menu yg pas banget khusus untuk orang yg sedang berdiet.

Burung dara goreng di Mesir sini, menurut saya jauh lebih enak dibanding yg pernah saya coba di Jakarta. Dijakarta burung dara goreng seringkali dagingnya terasa kenyal dan keras. Dan cara pemasakannya juga gak menggugah ... secar mungkin hanya digaremin lalu digoreng.
Beda dengan di Mesir sini. Sebelum digoreng burung dara itu dicuci bersih, direndam di air lemon. Lalu diberi bumbu2.
Parutan bawang bombay plus bumbu2, dimasukan kedalam perut burung dara. Lalu ditutup, dan dijahit agar parutan bawang dan bumbu2 gak keluar pas di rebus.
Setelah itu direbus lah itu burung2 malang, sampe mateng.
Baru deh di goreng, biar kriuk2 kalo dimakan.
Rasanya bener2 mantep. Kalo lg kalap, mungkin nasi sebakul bisa saya abisin. Secara bawang yg didalem perut burung dara itu, rasanya manis2 enak ... manis2 gurih ... pokoknya mantep deh.
Ada yg mau nyoba??? ayo dateng kesini. Saya masakin. Ato lgsg saya ajak keRestonya. :D

51 comments:

  1. Wuaaaaa...... burung daranya bener2 bikin gw ngiler, klo kebab enggak begitu suka soalnya...

    ReplyDelete
  2. Burung dara di mesir kayaknya gemuk2 yah??
    Tuh di foto kykna gede burung daranya. Klo disini kecil-kecil... :D

    ReplyDelete
  3. (ernut)
    burung daranya yang tengkurep bener-bener mengundang selera...

    ReplyDelete
  4. waduh, pagi2 dah bikin ngiler nih =p~ hmm

    ReplyDelete
  5. wah aku gak begitu suka kebab, tp liat foto diatas bikin ngiler jg bagi tisunya dong

    ReplyDelete
  6. Enak tu kayaknya... :D

    O iya mbak Icha,

    Menjawab pertanyyan mbak di blog saya, kodenya bisa kok dipasang di sidebar.

    Silahkan dipasang... :D

    ReplyDelete
  7. waduh
    jadi pengen wisata kuliner lagi
    duh..duh..duh ^_^

    ReplyDelete
  8. aduh jadi laper banget nih Cha, burung daranya itu bikin gw ngiler

    ReplyDelete
  9. minta resep kebab, donk cha. bumbunya direndam apa aja.

    ReplyDelete
  10. hhmm yummiiii...:)
    burung daranya enak kl dimakan pake nasi uduk keknya mbak..he..
    Tulung siapin buat makan malam ya mbak..saya segera datang..kekekk

    ReplyDelete
  11. wah ga kuku liat burung dara gorengnya yummy!
    kyknya gede bgt yah ato gambarnya aja kali yee..

    ReplyDelete
  12. Aku sih ga suka deh burung goreng!
    tp klo ngeliat yg ini...jadi pengen nyoba..kayaknya enak...

    ReplyDelete
  13. Hayoo Icha, kamu kudu tanggung jawab karena sudah membuat aku sukses ngiler abiss....

    ReplyDelete
  14. Wuih pasti enak tuh, gurih dan pedas

    ReplyDelete
  15. Mbak Icha, ceritanya burung daranya di operasi dulu ya? he.he.he.

    Kalau saya ke mesir, anterin ya

    ReplyDelete
  16. waduh tuh porsinya gede buanget cha...tapi enak yah...bagi resep dong..hehehe...

    ReplyDelete
  17. benr mama nadine ...bagi2 resepnya dong...secara mau kesana kejauhan.

    ReplyDelete
  18. ngiler, ga pernah makan semua soalnya T.T lho, jadi bumbu" dimasukkin di perut burung dara yya. ohh gitu *nyatet

    ReplyDelete
  19. kalo mampir kemari emang mesti bawa tisyu :D

    ReplyDelete
  20. mba ichaaaaaaa....
    kemana ajaaaaa???

    ahahahaha..

    ReplyDelete
  21. huaaaa wueak banget ituh jeung...
    kapan ya bisa makan kebabnya..kirim dong heheeh

    ReplyDelete
  22. waduh sy ga suka kebab,,,ga bs bau daging kambing,,,
    kl burung,,,wew kasian bgt burungnya, sy jg ga bs makan burung, di rumah pelihara burung sih, apalg si kakak tua, kdg suka ikutan bobo siang,,,

    ReplyDelete
  23. memang bener..... bikin ngiler kalau berkunjung di blog ini. Ngiler akan foto fotonya yang bagus.

    ReplyDelete
  24. jadi pingin kebab ;) kelihatannya begitu menggoda selera :D

    ReplyDelete
  25. masa siy burung dara goreng di jkt cuma digaremin aja? coba deh burung goreng di siantar, enak dan renyah... ini dijamin udah melalui proses pembumbuan yg mantap.

    ReplyDelete
  26. aku blom pernah makan kebab Cha .. heheheh .. tapi kalo burung dara pernah dulu waktu msh di tana air

    itu foto porsi makanannya banyak amat yak :.. bikin ngilerrr !

    ReplyDelete
  27. kok burung dara montok banget yak..hihii

    ReplyDelete
  28. 8.26 pagi waktu malaysia...waduii jadi lapar lihat postingan ini. Blom sarapan pula hiks.. kebabnya bener2 menggodaaaa...


    Oh ya Icha, F1 di Malaysia digelar setiap tahun- bulan Maret. Ini waktu paling rame. Kemudian bulan November acara A1- sama lah ky F1 cuma balap antar negara. Ada wakil dari Indonesia juga loh kalau yg A1 ini.

    ReplyDelete
  29. baru kemaren aku mamam kebab.. enak ternyata

    ReplyDelete
  30. pastinya si mamcha (mami icha) ini sudah genduttt sekali,,,,, banyak makan lemak sih.

    Ahhh gilingan, ngiler ni.

    ReplyDelete
  31. aku nelen ludah cha..sumpah deh!

    ReplyDelete
  32. assalamualaikum
    ck...ck...ngiler daku sluurrpp

    ReplyDelete
  33. Masih Kalah koq rasanya Ma Pempek-Palembang..
    :)

    ReplyDelete
  34. Siip dah...liat nya ja bisa kenyang, pa lagi makan nya yah...DuuH jd Pengen maKan KebaB

    ReplyDelete
  35. Lapaaaar....dikasih liat fotonya aja :(

    Bagaimana dietnya Cha, porsinya segede gitu..:D

    ReplyDelete
  36. Wuiiih malem2 kesini, perut langsung lapar liat foto2 nya, suer hbs ini saya langsung meluncur cari burung dara goreng!

    oough serius, saya jd lapeeer :p

    ReplyDelete
  37. glek... ngiler... *icon ngacai*
    oh y, slm kenal :)

    ReplyDelete
  38. jauh beneeerrr, nyuruh datengnya...hehehee

    ReplyDelete
  39. Usul aja, gimana kalo dimasakin trus dikirim ke sini? hehehehe

    ReplyDelete
  40. salam kenal balik nih, btw blognya emang putih gini atau lagi di edit sis? soalnya aku lihat yang ada postingan judul alhamdulillah, warnanya bagus banget.

    ReplyDelete
  41. Oh maaf2, sepertinya saya salah masuk. Ni situs restoran yah hehehe


    ups, jadi ngiler

    ReplyDelete
  42. hmh.. makan lagi. bikin ngiler aja

    ReplyDelete
  43. burung dara goreng??..cess..enak kali tuh mba' ya, pake sambel kecap, lalapan..minumnya es jeruk..wuiihh

    ReplyDelete
  44. Burung gorengnya posenya menantang gitu...selama ini saya blom pernah tuh nicipin burung goreng, abis klo di indo minyak buat ngegorengnya itu sampe item bener..

    ReplyDelete
  45. Cha, bisa tolong lebih detail lagi bumbu2 yang dipakai untuk burung dara, aku mau coba nih, siapa tahu laku.

    ReplyDelete
  46. wah ueenak tenan....di indo ada gak ya?

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya