Tuesday, December 11, 2007

Sea FooD


Sea food masih jadi salah satu pilihan menu tuk keluarga gw. Kebetulan gw tinggal dikota deket laut. Jadi pasokan makanan2 lautnya mau gak mau banyak dan beraneka ragam. Disini banyak banget kita temuin toko2 yg jual ikan segar tiap harinya. Soal harga ... yah tergantung ... tapi sayangnya masih jauh lebih mahal dibanding di Indonesia.

Gak cuma ikan, udang juga banyak disini .. dr udang yg kecil banget ... yg ngupasnya bikin leher gw pegel...sampe lobster yg segede bagong.. yg makannya ribet banget.
Harga udang juga tergantung musim... kalo lagi musim udang, sekilo bisa cuma sekitar Rp.15.000 ... murah banget kan ... nah saat2 itu gw puas2in deh masak udang ...

Ada yg tau ikan ini???? kalo gak salah diIndonesia namanya ikan sebelah .. Kalo disini namanya ikan Musa. Jd nama ikan ini disambungkan sama cerita Nabi Musa As, ketika dia membelah lautan jadi dua..nah ikannya ikutan kebelah...makanya warnanya satu item satu putih. Wallahualam.
Gw suka ikan ini kalo ukurannya rada kecil, digoreng jd garing, serasa makan kerupuk ikan.

Nah kalo ada pasar seafood, brarti ada resto seafood juga dong. Disini banyak banget resto seafood, dr harganya realtiv murah sampe mahalnya nauzubilleh.
Nah ini contoh menu kerang, ikan yg kita pesen ... diresto kelas menegahlah ...
Cuma yg kurang buat gw..resto seafood disini gak ada yg nyediain nasi. Orang2 Mesir makan seafood pake roti .. males banget yeee ...
Mendingan makan dirumah ajah degh.

74 comments:

  1. Deket laut jg di sana ya Cha? Kirain pasir mulu *katrok banget sih*
    Sama nih dengan kampung halamanku, deket pantai, deket tempat pelelangan ikan, jadi ikan jenis apa saja ada di sana, heran deh waktu ke Batam adanya ikan2nya itu2 aja.
    Anyway, banyak makan ikan kan bagus, proteinnya tinggi.

    ReplyDelete
  2. Gile lo, bikin ngiler aja.... seafood kan makanan favorit gw? Ikan sebelah juga ada kok di Indonesia..... Yang mahal disini namanya Ikan Malas (saking mahalnya jadi males bayarnya.. kekekek...)

    ReplyDelete
  3. weeeeeww....enaknyaa..btw di tempatku jg kalo mau seafood banyak loh mbak...:D seafood emang enak, apalagi kalo ikannya langsung dr keramba =p~

    ReplyDelete
  4. Wah seafood.. makanan favorit gw tuh.. hmm.. yummy..

    ReplyDelete
  5. Wah, aku alergi seafood (khusus kerang), jadi nggak boleh makan. Kalo nekat jadinya bentol2 di seluruh tubuh deh...

    Udang tepungnya ada nggak?

    Btw, rasanya makan daging pake roti gimana ya? Mirip sandwichkah?

    ReplyDelete
  6. 15 ribu?? wah pesta udang terus dong..btw kalo udanya kecil bgt ya ngga usah dikupas Cha....

    ReplyDelete
  7. waahhh sama, aku juga suka banget seafood akibat ketularan suami :D
    kl lg diwarung seafood biasanya pesen kepiting saus padang ama kerang rebus, gak pakek nasi....makk nyusssss.... :D
    /*kok aku blm pernah liat ikan sebelah/ikan musa yha di sini ??? hanya ada di sono yha mbak ??

    ReplyDelete
  8. Oo baru tau history ikan sebelah ...
    Asik ya Cha, lahap aja semua, ga alergi kan ...

    ReplyDelete
  9. aihhh ikan sebeleh penampakannya kok tak jelas neng? aku pernah lihat di buku aja, aslinya belom pernah lihat. Eh itu gak kena marah suami potret2 ? hehehe

    ReplyDelete
  10. Makan seafood pake roti? Kalo buat aku pasti jadi aneh deh rasanya karena nggak biasa kali ya.

    Seafood, emang enak banget ya. Nggak ngebosanin makannya. Kalo di sini ada jual udang kecil yang udah dikupas kulitnya. Masih fresh koq soalnya dikupasin ama yang jualnya jadi nggak bikin pegel leher deh.

    Dhona
    http://keluargabroto.com

    ReplyDelete
  11. wah baru tau tuh mba ada ikan sebelah yang warnanya beda, wallahualam, sapa tau emang sejarahnya gitu saat nabi musa membelah laut

    ReplyDelete
  12. kerangnya menggoda nie... bagi dunk :)

    Btw di Mesir makanan pokoknya apa say? dikau Susyeee gak cari yang jual beras or nasi?

    Heheheee... ternyata jiwa Indonesiamu sangat kental say... gak bisa kalo' cuma ketemu roti... harus Nasi... :)

    ReplyDelete
  13. Klo saya sukanya gurame goreng..
    Maknyuss,,,

    Btw, makan seafood pake roti?
    Gimana rasanya tuh mbak?

    ReplyDelete
  14. ha, udang segede gitu cuma 15 ribu? kalo disini harga segitu, tiap hari gw makan udang aja deh... :D


    isnuansayangpengenpresidenperempuan

    ReplyDelete
  15. Wah..enak nih cha bisa makan ikan sepuasnya,bikin ikan bakar pake sambel lalapan hohoho...eh tapi penjualnya mau ngebersihin ikannya sekalian ga tuh?jd kitanya tinggal masak aja..

    ReplyDelete
  16. aku suka banget sama ikan. tapi kalo seafood yang laen macemnya udang, cumi...alergi deh..langsung bentol2 dan merah2..sedih bener...

    ikan musa? ada2 ajah deh... :)

    ReplyDelete
  17. halah katanya program diet tapi posting makanan mulu ih..pening deh :D

    ReplyDelete
  18. Waaaawww, sea food 8->

    Kalo aku gak pernah kuat nih ke pasar ikan, apalagi kalo lg puasa, siap2 batal puasanya ;))
    Hehe, lucu juga ada ikan sebelah, aku malah baru denger :D
    rasanya gimana mbak?
    kecut2, asin ato manis?
    *apa tergantung bumbu? :D*

    Kalo kerang ane suka banged ;)
    tp kalo makannya ama roti???
    hahaaaa, lidahku bisa nerima gak ya? :))
    tp aku juga kurang suka mbak klo kerang pake nasi, enaknya dicoel2 aja gitu pake bumbu kacang trus dikasi sambel, yummee! B-)

    ReplyDelete
  19. Cha kamu memang suka pamer foto makanan ya ^_^ untung aku baru ngeFrühstuck jadi nggak ngeces :D

    ReplyDelete
  20. ya ampuuuunnn mbaaakk, saya jd ngileeeerrr bangeeettt... :p~

    ReplyDelete
  21. Seafood, ngiler deh...
    Setiap main kesini bawaannya makanan mulu...

    lempar dong, mbak :D

    ReplyDelete
  22. Moga Aku yg Vertamax!

    Ichaaaa, mau dong udang en lobsternya...di Jordan mahal banget udang, ukuran medium 16 JD 1/2 kg kira2 20$ gicu

    ReplyDelete
  23. heehehe setelah menunggu skian lama akhirnya saya jadi yang PERTAMAX

    itutuh kerangnya mantafff....

    ReplyDelete
  24. gak pake nasi, gak ada sambel terasi ataw sambel abc hehehehehh

    gile Cha tu udangggg..mupeng doang dah gw :|

    ReplyDelete
  25. He eh, kurang marem tuh makan ikan sama roti.
    Udang di sini mahal jeng...kalo pas pengiiin aja beli.

    ReplyDelete
  26. hehehe68x AyAm ini seafoodholic, jadi sangat senang ngeliat postingan maCha (mama icha) ini...hihihihi68x...AyAm link yah ma...:)

    ReplyDelete
  27. makan ikan pake roti? huek! ga kebayang rasanya! x(
    kalo seafood, aku paling suka udang! :D
    ga tau yah, rasanya khas banget gitu...
    seperti ada bahan adiktifnya, jd pengen nambah terus!
    *halah...* xD

    ReplyDelete
  28. heuheuheu... kalau ada ikan musa berarti ada donk ikan fir'aun.. sorry cuman canda.. apa kabarnya mesir

    ReplyDelete
  29. waaa.. seafood.. jadi kepengen.. huhu.. kalo rumahku juga di deket lautan (alias Ancol) jadi ada tempat makan seafood yang enak banget di sana. hehe..

    wee.. udang nya murah banget.. di indo khan mahal yak? untung aku ga suka udang. jadi ga boros de.. =P

    hahaha.. sejarah ikannya lucu banget. hahaha..

    -SatoNa-

    ReplyDelete
  30. ikaaaaaaaaannn.... pengin!!!
    klo aku si suka tongkol di sambal goreng ma udang goreng aja... disana ada tongkol juga Mbak???

    ReplyDelete
  31. Indonesia banget sih.....apapun lauknya, harus pakai nasi.
    Sssttt, lobster + udang itu hormonnya banyak banget (masaknya direbus aja, jangan digoreng atau dibakar), jadi sebetulnya lebih bagus dibanding telor setengah mateng :)

    ReplyDelete
  32. aku baru tau eh ada nama ikan sebelah/musa...

    biasanya dikau masak udang diapaain aja, cha ? *halah malah nanya resep

    gue kalo di batam makan seafood gak pernah pake apa2x. digado aja.abisnya cepat kenyang kalo pake nasi..jd gak puas hihihi

    ReplyDelete
  33. Ikan sebelah itu waktu aku kecil kusebut ikan lepes. Sampe sekarang gak tau apa ya namanya.
    Udang, aku nunggu kaya dikit aja dulu baru sanggup makan udang. Bayangin Cha, kalo ke chinatown udang sekilo itu harganya sekitar seratus rebu rupiah! Jadi kalo pengen makan udang nunggulah, ntah nunggu kaya ato nunggu pas ada acara natalan ato imlekan, jadi agak murahan.

    ReplyDelete
  34. Mau tuh oysternya...biar tambah jantan ^_~

    ReplyDelete
  35. ada kepiting juga kah disana? kalo di indonesia, kepiting dari tarakan, kalimantan terkenal dahsyat! ukurannya gendut2, dagingnya manis, pokok'e weunak je :D

    ReplyDelete
  36. Aku lagi gencar2nya diet, setiap kesini kayanya batal deh dietnya , jadi laper :(

    ReplyDelete
  37. Udangnya bikin ngecess tuh, btw gw suka banget makan udang and saudara-saudaranya.

    Ikan Musa itu, juga ada disini deh kayaknya...klo disini paling menunya dibuat sushi kali ya.

    ReplyDelete
  38. ikan, udang, ah, enak semua. tp konon udang itu kolesterolnya tinggi. jadi biar suka ya kudu ati2 alias makanlah saat lapar dan berenti ketika kenyang, halah.

    ReplyDelete
  39. ikan sebelah itu kayanya "halibut" klo gede..(yg paling enak pipinya)...kaya scallop rasanya, klo kecil disini disebutnya ikan "sole"...hehehe putih dagingnya...karena di deep water.

    Rumahku malah dipinggir pantai, aku sering crabing...nyari kepiting, make kapal tentu saja.

    makan ikan make roti? kan enak...coba deh daging ikan yg udah masak, kasih merica dikit dan mayonaise..trus makan make toast...enak deh...bisa ditambah acar ketimun (pickle yg manis tapi)

    ReplyDelete
  40. duhhhhhhhhh seafood cinta banget ma makanan laut dah gw nek ekekkeke kirain mesir jauh dari laut baru nyadar nabi musa dulu disana yah ekekek :lol:

    ReplyDelete
  41. itu kayak oyster ya.. duh di surabaya muahaall tuh 5 biji aja 150 ribu...haduh ngilerrrrr

    ReplyDelete
  42. Wahhhh...aku baru tau ada Ikan Musa :)
    seru juga ya...bisa di ceritain gak rasanya gimana Mbak??
    mirip-mirip ikan apa rasanya Mbak...

    ReplyDelete
  43. Wahhhh...aku baru tau ada Ikan Musa :)
    seru juga ya...bisa di ceritain gak rasanya gimana Mbak??
    mirip-mirip ikan apa rasanya Mbak...

    ReplyDelete
  44. ikan bandeng dipotong dua jadina sebelah juga, cha :P

    ReplyDelete
  45. pengen makana gurame neh..hmm..sea food oh seafood..

    ReplyDelete
  46. kalau seafood saya jarang suka.... hehe.. kecuali yang ikan-ikanan..

    ReplyDelete
  47. Doh... pasar seafood, seger lagi!!! Di sini mah yg ada beku semua.

    ReplyDelete
  48. o di mesir ya bu?....
    rasa ikan n udangnya mana enakan daripada yg di indo bu....
    n klo ada nasai paling mahal bgt yach?.....
    secara pasti dimpor..disana gk bakal idup khan?....apa ada sawah disana bu?...

    ReplyDelete
  49. wekekekeke....
    kok aku baru denger ikan sebelah itu ya? emang sebelah2 gitu warnanya?
    subhanallah...

    wah, mbak icha ini banyak membantu saya dalam mensyukuri keajaiban Allah.. *serius mode on*

    ReplyDelete
  50. penasaran banget ama ikan musa, waduhh baru kali ini ada nama nabi jd nama ikan. bisa dikirim contohnya ke bogor??;))

    ReplyDelete
  51. itu TPI nya ya..wah seneng ya, bisa dapat ikan fresh

    ReplyDelete
  52. Pake ROTI??? Eeeuuuwwwwwwgghhhhh.. Kaya apa itu rasanya? Btw, saya juga baru tau tuh ada ikan sebelah a.k.a ikan musa. Emang ada ya mbak di Indonesia?

    ReplyDelete
  53. ikan sebelah!!! kemarin pernah akrab juga, beli di muara karang pluit, trus di bakar bareng temen2 sambil begadang kadang2, ueaanakkk juga mbak!!

    ReplyDelete
  54. wahhh pd ngomongin makanan. jd laperr. yg di bicarakan makanan apaan tuh. seafood &ikan musa?makanan apa tuh!, hee. dasar cah bodoh ya mbak. heeee.tampilin foto ikan musa dong.

    ReplyDelete
  55. Halah...masih aja suka nyiksa orang lewat posting2 makanan...jadi bikin laper kalo abis baca postingannya ibuk ini, tapi tidak yang keledai itu lho..hahahaha....udah mau Idul Adha ni...kira2 bakal posting masakan daging onta gak ya...hmmm.....

    Apa kabar Budhe? sekeluarga sehat?

    ReplyDelete
  56. jadi pengen makan ikan salmon.

    ReplyDelete
  57. weks.. kayaknya enak sekali hidup di negeri udang :) sekilo cuma rp 15.000,-

    ReplyDelete
  58. Wahduh blognya Icha rame amat ya komennya. Asyik banget sih topiknya! I loooooove seafood! Eh kalo pas musim lobster murah juga?

    ReplyDelete
  59. gilingan tuh udang...bikin ngiler coy...bukannya enak gak pake nasi say...jadi puwas makan udangnya?...

    ReplyDelete
  60. Cha, org Mesir itu makannya selalu porsi besar ya? Kok itu isi piringnya banyak bangedd.... disini mah bs utk 2 org.

    ReplyDelete
  61. bagus sih bagus blog 3 kolom gini... tp penuh kliatan nya.
    trus kl gw sih lebih suka lo pk kuning, secara gw lebih suka liat yg berwarna, kaya nya ceria ketimbang putih gini...
    btw gw ampe sekarang blom pernah liat keledai *kecuali gambarnya* jd boro2 bisa denger suaranya deh...

    ReplyDelete
  62. gw tau ikan sembilang...
    dulu banget waktu gw kecil n pantai anyer masih bagus, gw pernah di kasih nelayan yg baru balik dari melaut.
    ikan nya gw bikin in kolam pk pasir gituh... eh pas ada ombak gede dateng, ancur deh kolam gw trus ikan nye juga kabur...

    btw gw baru tau ikan sembilang boleh dimakan...

    ReplyDelete
  63. chaaaa..kita disini juga deket bgt ma laut n sama juga semua jenis seafood lengkap..
    yg penting kantongnya kuat apa nggak...
    tq 4 sharing chaaa..

    ReplyDelete
  64. ya ampun murah bener seafoodnya:) mauuu doong disini mahaal bener siikan seger nya:)

    ReplyDelete
  65. kayaknya pas nih , sea food di jadiin menu makan malam nanti :D haha

    ReplyDelete
  66. wah masih seger-seger tuh sea foodnya :)

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya