Wednesday, February 20, 2008

MaHsY KoRoMB


Makanan khas timur tengah ini patut dicoba deh. Agak ribet bikinnya tapi enak buat segala kondisi. Menu favorit gw kalo kumpul2 keluarga, pergi mancing, nongkrong dipantai. Mantep degh, gak kalah sama arem2 diIndonesia
*Semua bahan tergantung situ porsinya mau banyak ato enggak, jd kira2 aja, pake feeling gituh & juga bumbu2 bubuk yg dipakai, bisa divariasi sesuai selera*

Bahan Pengisi:
Beras
Daging cincang
Bawang bombay iris kecil
Bawang putih ulek
Tomat (blender)/tomato paste
Daun seledri cincang halus
garam dan merica
bubuk kayu manis
bubuk Cumin
bubuk cengkeh
bubuk cabe *bagi yg suka pedes*
Kaldu daging/ayam

Bahan pembungkus:
Daun Kol/Daun anggur *kalo diIndonesia enak kali yee pake daun katuk*
Zucchini *bolongin tengahnya*
paprika

Cara buat:
Cuci bersih daun kol, lalu potong2 selebar telapak tangan. Lalu rebus daun kol setengah matang. Sisihkan

Panaskan sedikit minyak, tumis bawang sampai kuning lalu masukkan beras yg sudah dicuci bersih. Aduk2, lalu masukkan semua bumbu2 bubuk, termasuk bawang putih,garam dan merica. Aduk lagi hingga rata. Lalu siram dengan blenderan tomat. Aduk rata, sisihkan.
Taruh sedikit adonan beras kedalam lembaran daun kol, lalu gulung. Kira2 seperti difoto. Susun satu demi satu gulungan kol yg sudah diisi beras kedalam sebuah panci.
Taruh sebuah piring kecil diatas tumpukan susunan kol yg sudah kamu buat *cara ini menghindari agar beras tidak keluar2*
Lalu siram dengan kaldu daging/ayam.
Taruh diapi sedang, sampai matang.

Met nyoba degh ...

63 comments:

  1. Bumbu cumin itu apaan Cha? Baru denger neh...

    ReplyDelete
  2. wah enak neh kyknya buat sarapan pagi2 gn.

    ReplyDelete
  3. kok kkayaknya......masih lebih oke makanan kita.....ah, belum pernah nyoba aja kali yaaa........

    ReplyDelete
  4. kayaknya sih sedep ya. tapi ribet tuh kayaknya bikinnya. but, anyway thanks a lot. bakal segera dicatet dan insya allah nyobain.

    ReplyDelete
  5. Yummiee.slluurrp..kayaknya spicy banget ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Liat makanan ini pas baru sampe kantor dan belom sarapan... Hmmmppphhhh... Saya hanya bisa mengelus perut dan mengelap acay,mbak... Slrruuppppp....!!!

    ReplyDelete
  7. gak kececer cecer tuh, cha kalo dipegang ?

    mirip lemper dikit

    ReplyDelete
  8. tampilannya agak aneh..

    tapi... boodee mau kalo dikasih..

    ahahahah...

    ReplyDelete
  9. jika urusan masak memasak..ga ngerti mbak..

    ReplyDelete
  10. Bubuk Cumin itu apa tho? Trus Zucchini apa lagi ituh? Ceritane ini Lontong mesir ya?

    ReplyDelete
  11. wah...itu makanan mana mba? namanya baru denger. Tapi pasti enak kalo mba icha yang buat :)

    Salam kenal mba

    ReplyDelete
  12. Jadi mirip seperti arem2 ya kalau di Jawa. Cuma kalau arem2 kan berasnya tetep putih, isinya cuma ditengah, kalau ini semua dibumbuin ya. Enak nggak Cha? Rasanya seperti apa?

    ReplyDelete
  13. bubuk cumin itu apaaaaa ? baru denger.

    ReplyDelete
  14. ya ampun... gw pikir somay pare...

    ReplyDelete
  15. nyam nyam nyam..bikin ngiler aja lo Cha..
    Gw jadi sibuk bayangin rasanya...beras digulung di daun kol...hmm...gw yakin gw doyan..tp koq gw gak yakin bisa bikinnya..hehe

    ReplyDelete
  16. wah nyerah deh buat coba bikin. Mending lihat gambarnya aja, meski belum kenyang :D

    ReplyDelete
  17. bisa di coba nih..tar ta mintain yayank tuk buatin :)

    ReplyDelete
  18. toyib....toyib..jgn lupa pasang label halalan toyibah.Maem dl ah...

    ReplyDelete
  19. kalo di indo,rasanya mirip seperti apa ya??

    ReplyDelete
  20. waaaaa.......asik kayaknya nehh.. aku kopas yha mbak :D
    btw bubuk cumin itu apa mbak?
    Zucchini juga apa ??
    suwun :D

    ReplyDelete
  21. penasarn ni rasanya mb..

    penasaran jg arem2 itu yg mana.. kyknya pnah mkn d.. hehe..

    ReplyDelete
  22. Icha emang jago masak euy..
    keliatannya enak Cha..
    kirim sebagian ke Batam dong :)

    ReplyDelete
  23. Halah.. makanan lagehhh.. Hihihih..

    ReplyDelete
  24. Cha, bulan depan deh aku coba bikin, hitung2 jadi koki buat diri sendiri, tunggu aja beritanya :)

    ReplyDelete
  25. wah mbak..
    aku jadi pengen...
    nelen iler doang nih..
    hiks,,,

    ReplyDelete
  26. aLe pernah rasain ni makanan saat tetangga aLe buat, secara dia pernah kerja di Arab gt deh.

    hiks T_T aLe cm kbagian 1 dan itu mmbuat aLe ketagihan :D

    ReplyDelete
  27. Wiks, kayanya nyam-nyam tuuh..

    Diliat-liat kaya siomay ya? he..he..

    ReplyDelete
  28. Wah, kalo aku makanan gini pasti nggak doyan...perasaan aneh banget gitu deh....

    Hihihihi....

    ReplyDelete
  29. @semua:
    thx banget komennya
    bagi yg gak tau Zucchini dan Cumin coba googling aja. :)

    ReplyDelete
  30. waduh besok aku terbang ke Egypt deh hanya utk nyicipin Mahsy Kohrombnya Icha. cleguk ...

    ReplyDelete
  31. kalo dimasukin dalem pare enak kali ya? ada pait-paitnya...

    ReplyDelete
  32. wow kayaknya banyak banget bumbu pengisinya ya, hmm..

    ReplyDelete
  33. kayanya enak..
    jadi laper, blom sarapan pagi nich..
    bisa kirim gak :p

    ReplyDelete
  34. wadowww ribet banget sih, ngomong2 gimana program dietnya??berhasil nggak??

    ReplyDelete
  35. wadou ibu satu ini emang Te O Pe, besok balik Indo buka resto masakan timur tengah yahhh...:)

    ReplyDelete
  36. jeng, jadi laper nih lihat penampakan yg ini... cleguk!

    >>isma
    topibundar.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. macem-macem banget resepnya dan satupun belum pernah nyicipin dan terlalu malas mempraktekkannya (mungkin ntar klo jd ibu RT heheh alesan)

    mba', gabung aja di http://kulinerkita.multiply.com banyak lho resep-resep yg ka'nya wuenakk

    ReplyDelete
  38. Makanan yg mengenyangkan nih. Lidahnya Icha dah adapt sama org mesir nih :)

    ReplyDelete
  39. Hmm.. kyk lumpia gitu yah mbak?

    enak kyknya kalo pake bumbu kacang ato sambel kacang.. :P

    ReplyDelete
  40. tampak seperti somay, lezatpun nampaknya... kapan mo ngelemparin ke jogja, sepering ajah!!

    ReplyDelete
  41. Pake pare ya mba..itu nasinya dimasukin ke lombok ijo besar yaa...??

    waahh..gimana rasanya pedes dong hihi...

    ReplyDelete
  42. wah mpooo..enak nih keliatannya hihihi tp bubuk cumin itu apaan ya? mohon penjelasan ;)

    ReplyDelete
  43. kayak-na masih kalah enak sama "Donner Kabab" tuh...:)

    ReplyDelete
  44. Si Mbah : "Glek...sampai nelen ludah Si mbah...kayanya enak tuh...loh kok jadi laper beneran...wah jangan2 cacingan nih Si Mbah..padahal baru juga makan 2 piring...Masya Alloh..."

    Temon : "Dasar Si Mbah...makan ndak cukup 2 piring...hehehe..."

    ReplyDelete
  45. Aku terima jadinya aja deh mbak... :D

    ReplyDelete
  46. hmm tampilannya kok agak aneh yah...ntar cobain ah...hihihi...

    ReplyDelete
  47. jeng satu nih pinter masak...*jadi laper liat poto aja heheheh*.....

    ReplyDelete
  48. wah... blognya isinya makanan semua..
    saya jadi laperrr... hehe
    asik ya tinggal di mesir...
    aku pengen deh ke sana..... kapan ya?? doakan aku ya mba icha, hehe

    eniwei.. salam kenal ya mba icha ^__^

    ReplyDelete
  49. gw paling suka yg pake daun kol, tapi gue masaknya diselipin bawang putih juga diantara tumpukan gulungan2nya, biar tambah sedep wah..enak deh, disini namanya malfuf..yamyam, besok bikin ah... dingin2 gini pasti nikmaat:)

    ReplyDelete
  50. Kalo Zucchini apaan ya Mba? Aku jadi pengen banget nih, abis katanya kaya arem2. Mmmhhh aku suka arem2.

    ReplyDelete
  51. Jadi kelaparan neeh. Sebentar, ta keluar dulu cari makan Mbak.....! (sambil megangin perut)

    ReplyDelete
  52. bentuknya aneh gt ya...rasanya enak kyknya dilihat dr resepnya...pengen nyobain tp males buatnya....

    ReplyDelete
  53. waaa......itu namanya cabbage roll yah? tapi blom pernah nyoba yg make zuchini...
    cummin = jintan
    Zuchini kaya labu tapi warnanya hijau kaya ketimun

    ReplyDelete
  54. Duh... makanan lagi...
    eh, kok daun katuk mba?
    Kan beda tuh bentuknya daun kol dan katuk....

    ReplyDelete
  55. Cha, ngebayangin dibungkus kol gitu...Begitu diangkat, isinya molos dari samping2...Hehehe

    ReplyDelete
  56. numpang lewaaaaat...

    kalo dagingnya diganti daging ayam boleh nggak???

    ^^

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya