Sunday, February 24, 2008

MeSjiD & GeReJa


Di Mesir sini, terkadang sulit membedakan antara mesjid dan gereja. Bahkan terkadang salah tafsir. Yg Mesjid tampak seperti Gereja. Dan gereja tampak seperti Masjid.
Setahun yg lalu, pas kita lagi wisata ke kota Aswan. Tibalah waktu sholat Zuhur. Laki gw turun dr mobil tuk sholat, sedangkan gw nunggu aja di mobil. Eh gak lama dia dateng sambil ngedumel2 gak jelas. Pas gw tanya kenapa ... dia bilang, das ist nicht ne Mosche! *Itu bukan Mesjid* sambil nunjuk keatas kubah gereja, yg ada tanda salibnya...oalah...td pas dibawah salibnya kagak keliatan.

Beda lagi sama Mesjid Sayyidinal Husein Radiallahuanhu yg selalu ramai pengunjung, turis dr mancanegara jg seliweran disini.
Kalau diliat design bangunannya dr luar, mirip banget dengan gereja2 yg ada di Eropa.
Mesjid ini selalu rame dikunjungi, secara disekeliling mesjid ini tuh banyak kafe2 dan pusat pasar penjualan souvenir2 khas Mesir.

Owya isini juga terkadang susah ngebedain antara seorang pastur dan syekh. Karena keduanya sama berjenggot panjang dan tebel, dan juga sama2 berjubah. Palingan bedanya kalo pastur biasanya pake kalung salib.

80 comments:

  1. Si Mbah : "Sayang ya...komentar "PERTAMAX..!!!" dilarang...jadi ya Si Mbah ndak komen begitu....Hmmmm...seandainya di Endonesah dibangun begituh...pasti bermasalah lagi...hehehe..."

    ReplyDelete
  2. hahhahaha gak apalah, asal ngadapnya ke kiblat.

    itu pic no 2, gereja apa masjid ? and kenapa orang sono senang berjenggot ?

    ReplyDelete
  3. @mbah:
    buseet...masih doyan aja pertamax jaman begini.
    iyayah...jd bermasalah kalo diindonesia??

    @dian:
    pic no 2 itu mesjid, yg pertama gereja.
    gak tau yah kenapa doyan berjenggot...suamiku sih gak...panjang dikit langsung dicukur licin

    ReplyDelete
  4. KEEMPATAX!
    komen apa yah...
    mmm... mo batagor ga Cha?
    *kekekekkk ga nyambung...*

    ReplyDelete
  5. @novee:
    jaka sembung bawa golok loe!!:p

    ReplyDelete
  6. Kunjungan balasan :)
    Weee....keren banget masjidnya...
    hmmm...Mesir...bagus ya? mengingatkanku sama novel Ayat-Ayat Cinta...

    Salam kenal...

    ReplyDelete
  7. untung aja gak sholat di gereja wekekekek...

    ReplyDelete
  8. apakah atap bulat, jubah dan jenggot itu "hanya" budaya setempat saja ya?

    ReplyDelete
  9. yang penting hidup dalam suasana kerukunan Cha..
    cape banget kalo ribut mulu....

    ReplyDelete
  10. Serupa tapi tak sama ya..berarti kudu hati2 donk klo yang gag ngerti sama Mesir.

    ReplyDelete
  11. Berarti "damai" nya bukan slogan dong ? "Damai itu Indah", bisa saling menghormati, tul khan Cha ?

    ReplyDelete
  12. Huuuiiii, asyik euy...saia kapan ya bisa ke Mesir? kirim tiket dong...:))

    Jadi, sebetulnya, itu kan memang budaya arab sono...dan arsitektur semacam itu jg emang pengaruh arab.

    ReplyDelete
  13. repot ya kalo lagi buru2 ngejer waktu yang tinggal dikit salah masuk lagi...
    mana gereja mana masjid?

    ReplyDelete
  14. Cara ngebedain masjid en gereja...liat aja di pintu masuk-na Chaa..kalo banyak sandal atau sepatu yang nangkring...itu pasti masjid...kekekek

    ReplyDelete
  15. wah,pantes aja ketuker ya..:D

    apa dulunya gereja itu masjid ? masjid itu gereja ya, Cha ??

    *curious...*

    ReplyDelete
  16. Eh iya, aq td musti liat baek2 utk bedain yg mana mesjid mana gereja. Musti diliat bener2... tnyt ada salib kecil ya di atas kubah.

    Mgkn emg udah dari dulu kali ya tempat ibadah saling mirip2 arsitekturnya.

    ReplyDelete
  17. kalo Islam kan jenggot itu sunnah rasul ya? ya mgkn kena imbasnya tuh, org sana jadi senang berjenggot ya....

    ReplyDelete
  18. tapi org2nya gak pada mirip kan mbak? takur keliru suami/istri org heheheh

    ReplyDelete
  19. gak ada tulisan nya bunda, masjid atau gereja : kalo mesjid "INI MASJID" kalo gereja "INI GEREJA"..biar jamaah gak bingung.. :D

    ReplyDelete
  20. looh aku disini klo lebaran sholatnya di university chapel....he he he.....jadi ndak apa sholat dimana aja...asal bersih

    ReplyDelete
  21. pasti banyak arsitek2 yang berkunjung buat mempelajarinya..

    ReplyDelete
  22. ngebedain syeikh ama pastor, kalo syeikh jidatnya item, pastor jenggotna puti kek baba noel (aka.santa claus):)

    ReplyDelete
  23. kira2 boodee menempati posisi keberapa yah?? ahahahaha..
    (satu lagi jaka sembung yang bawa golok)

    ReplyDelete
  24. Wah... berarti disana toleransinya tinggi bgt ya mbak? Dari yang aku baca di Ayat2 Cinta sih gitu juga... Hehe... *sotoy-padahal-belom-pernah-kesana*

    ReplyDelete
  25. Cha, lucu juga laki lo aja yg orang Mesir bisa nyasar antara gereja n mesjid, gmn turis? He he he, ada2 aja deh.... Tapi keren2 tuh bangunannya. Gw paling suka liat bangunan2 artistik kaya gitu, kereeeeen....

    ReplyDelete
  26. Mo tahu cara mbedainnya? Kalau sendalnya di luar, pasti mesjid tuh.....Tp pas di sana saya sulit mbedakan istri teman saya. Soalnya pakai cadar semua. Wah...bingung.

    ReplyDelete
  27. wahh..tp interiornya indah bgt loh...
    enak ya tinggal di luar negri. melihat kebudayaan negara lain,,,

    ReplyDelete
  28. wah..
    kalo di Indonesia gitu, seru juga yah?
    pasti banyak orang kecelek..
    hahahahah..

    mbak, gimana kabar Nadine?

    hehehe

    ReplyDelete
  29. itu mungkin salah satu bentuk tren arsitektur pada saat itu.. mungkin model bangunan yg baru sudah kelihatan .. CMIIW :D

    ReplyDelete
  30. katanya org arab suka pny jenggot, supaya kalo lagi marah, jenggotnya dielus2, jadi ga marah lagi... beneran mam? hahaha...

    mam, dl aq kemesir, dan aq pgn dateng lagiii.. cm pnah kejadian plastik bawaan aq dilariin sama pjaga toko disana, pas aq kejer, rupanya tuh orang pgn aq masuk ke tokonya, beli barang...LHOH?? pmaksaaan!!!

    ReplyDelete
  31. wakakak..rupanya orang mesir sama aja ya yang muslim dan yg non muslim..*yah namanya jg manusia lah ya sama..*

    iya mba..di Montreal juga aku sering salah kira gereja aku pikir mesjid lah bangunannya persis..sis mesjid, ada kubahnya gt jd sekarang bukan paten ya kl mesjid itu berkubah kan hehe...

    ReplyDelete
  32. secara bentuk arsitek Arab sama,memang bingung ya..
    eh Kristen di Mesir disebut Kristen Koptik ya,

    ReplyDelete
  33. baru kali ini liat mesjid yang gak berkubah bulet..

    ReplyDelete
  34. wah mesjinya kayakn bangunan gereja gitu y..

    cara bedainnya gampang mb.. kagetin aja..

    yg syekh insyaAllah blg " astaghfirullah"..

    hehehehe...

    ReplyDelete
  35. Hihi.. jadi ingat pertama kali saat ke Austria, gereja aku kira mesjit gara2 berkubah gitu.

    ReplyDelete
  36. hi mamanya nadine!!!

    linknya dah saya pasang, makasih ya mama!!!

    ReplyDelete
  37. wuehehehe.....repot juga ya. bisa salah alamat tuh heheheh

    ReplyDelete
  38. Wah, bisa menggelirukan jg ya arsitektur bagunannya klo diliat dr luar.

    ReplyDelete
  39. iya yah mirip bgt ama mesjid wow wajar kalo salah masuk.
    btw di indo jg skrg dah byk mesjid2 yg gaya eropa gt ga pake kubah.

    ReplyDelete
  40. say, bikin link readmore ini gimana siy?(klik disini untuk kelanjutan ceritanya),maklum kurang faham yang kayak gitu2:)..say, aswan yang ada bendungan besar bukan siy?

    ReplyDelete
  41. Bagus2 yaa... jadi nggak bosen. Di Semarang juga ada Gereja Blenduk yg atapnya kayak kubah masjid.

    ReplyDelete
  42. WADUHHH nekk kalo penampakannya keik begonoh gw juga binun secara masjid keik gereja dan sebaliknya heheheh :)

    ReplyDelete
  43. waiyo jadi salah masuk ya...
    lama2 jadi tau mana yg mesjid atau gereja ya..
    tapi bener deh bangunan2nya keren2 ya...kepengen ke mesih euy....

    ReplyDelete
  44. Mbak, di depan mesjid biasanya ada kontak infaq toh ?

    ReplyDelete
  45. kalo mampir Hong Kong dibawain,jenggot ya?he..he...maksudnya foto jenggot,xi..xi... Soal bangunanya sih...di HK juga sama lho. Diperhatikan sepintas lalu, antara bangunan gereja dan masjid tuh hampir mirip. Denger denger sih bangunan2 itu bekas peninggalan belanda. Dulu khan hk di jajah belanda,he...he.. so, sekedar berbagi info.

    ReplyDelete
  46. apapun bentuk bangunannya yg penting minumnya teh botol sosroooo...upss .. eh salah.. apapun bentuk bangunannya yang penting aman damai rukun sentosa ??? bukan begitu mbak ???

    ReplyDelete
  47. ketawa baca comentnya ijal.. brarti klo gereja dia bilang "halleluya!" hihiii cerdas juga

    ReplyDelete
  48. Bangunan Mesjid atau Gereja itu kan budaya. Jadi bisa jadi sulit dibedakan jika ukurannya adalah bentuk Mesjid atau Gereja di daerah tertentu. Yang nggak boleh disama-samakan itu namanya. Jangan sampe ada Mesjid namanya Carolus Borromeus, atau sebaliknya Gereja diberi nama Ar Rahman

    ReplyDelete
  49. Aslkm....unik juga gaya Arsitektur Arab, Subhanallah itulah peninggalan Arsitektur Islam Masa Keemasan dulu.

    kapan ya bisa jalan2 ke Mesir? (sambil do'a)

    ReplyDelete
  50. kok unik banget sih, beneran aku gak bisa bedain lho mana yg masjid sma gereja????

    ReplyDelete
  51. Adakah benda lainnya yang serupa tapi tak sama disana?

    Kalo di Indonesia ada loh, yaitu gue serupa dengan Sandra Dewi..hihihi, ngarep.

    Btw, mo sun ah, mumpung blum gosok gigi..Muaaaah

    ReplyDelete
  52. enaknya kalo di sini juga begitu

    ReplyDelete
  53. waaa sungguh indahnya berdampingan gitu ya. Indonesia perlu belajar banyak tuh dari sana mungkin, untuk urusan2 keharmonisan antar umat beragama

    *minta ijin blognya saya link ya*

    ReplyDelete
  54. itu namanya bahasa struktur.. tempat ibadah kan harus luas.. berbentang lebar.. nah jaman dulu ya cuma kayak gitu konstruksinya.. orang sekarang nganggepnya kalo kubah pasti masjid..

    ReplyDelete
  55. arsiteknya sama kali ya...
    jadi yang dibedain cuma tanda yang diatas aja..
    tp yg mesjid pasti ada kiblatnya dong..

    ReplyDelete
  56. wah bener, bangunan masjidnya kaya gereja2 kuno di eropa...sungguh arsitektur yg mengagumkan mbak...:)

    ReplyDelete
  57. Aku membayangkan seperti apa di mesir ya...abis baca AAC kyknya pengen ke mesir....klo panas...puanaaas..klo dingin...diiiingggin ya.di mesir jg ada gereja to?

    ReplyDelete
  58. untung suamimu masiy nyadar kalo itu bukan mesjid, cha,...
    kalo gag nyadar bisa brabeh yahhhh

    ReplyDelete
  59. kmrn prasaan gambarnye bukan yg ini...
    *plinplan niy emak-emak... berkepribadian ganda... L-)wanita menyebalkan...*

    KABOOORRR

    ReplyDelete
  60. wah.. kalo tipis bedanya gitu emang susah juga ya :)

    tapi mesjid dikelilingi banyak kafe ya... enak juga tuh... di sini kayaknya jarang kafe dekat ama masjid.... :D

    ReplyDelete
  61. aneh.. tadi udah comment kok g masuk ya...

    anyway... susah juga ya kalo misalnya mirip gitu... mesti sering salah masuknya :p hehehehe

    oh ya... di sana masjid di kelilingin ama kafe ya? enak betul... di sini sih kayaknya g ada tuh mbak, kafe yang deket ama masjid... salah2 bisa2 di bongkar paksa tuh kafe :p hehehehe

    ReplyDelete
  62. Yang jelas, bangunan kedua2nya bagus! mungkin mengikuti arsitektur jaman tertentu? Lha itu si Anton Medan kan ya bikin masjid tp bentuknya Klenteng...nggak masalah lah!

    ReplyDelete
  63. Waaa... Iya yah...
    Jadi kyk ketuker gtu strukturna...

    ReplyDelete
  64. btw, fotonya cakep Cha.

    eh musik di blogmu bagus ya, bergetar nih ndengerinnya

    ReplyDelete
  65. tempat ibadah yang mirip dengan tempat ibadah agama lain biasanya dipengaruhi dari sejarah, masa dan adat istiadat tempat ibadah itu di bangun.
    keren2 aja sih. toh bentuk bangunan tak seharusnya berpengaruh besar terhadap kegiatan ibadah kan?

    ReplyDelete
  66. wahhh iya aku jg salah nebak gambarmu, aseeemmm urutan komen dan panjang buanget :D

    ReplyDelete
  67. waks, berarti kalo mau numpang shalat mesti liat dari atap sampai bawah dulu yah baru mampir.. :( kao orangnya kayak saya.. yah pasti kesasar deh.

    ReplyDelete
  68. waahh arsitekturnya pd keren2 yaa... tul, yg penting rukun aja deh :D

    ReplyDelete
  69. hihihihii lucu juga ya Cha. Gw kirain disana gak ada gereja.

    Bo, gw udah tau bumbu cumin tuh apaan. Soale temen gw ada yg org maroko, trus dia pernah kasih gw bubuk kuning itu namanya gw lupa dah. Gw suka bikin ayam maroko pake itu bubuk cumin..uenaaaakkkkkkkkk..ih ngeces dah berhubung udah berpa hari gak makan nasi nih gw :p

    ReplyDelete
  70. wah, saya malah suka yg kayak gitu :D, biar nyadar juga kalo manusia tuh aslinya gak boleh membeda-bedakan...

    ReplyDelete
  71. waaaaaaaaaaaa daku ingin sekali berkunjung kesanaaaaaa.....

    ReplyDelete
  72. di sebagian tempat di daerah jawa barat, khutbah gereja yang berbahasa arab dicurigai sebagai upaya kristenisasi.. padahal memang dari sononya memang berbahasa arab, la wong alirannya kalo gak salah gereja kristen ortodoks syria.. yo pantes lah kalo mereka khutbah bahasa arab.. la wong aslinya dari arab.. hehehehehe...

    ReplyDelete
  73. suaminya Icha aja sulit ngebedain yg mana masjid yg mana gereja, gimana dengan yg belum pernah ke Mesir ya :)

    ReplyDelete
  74. cara bedainnya gampang suruh icha anterin kalau mau ke gereja atau mesjid,ya gak cha?

    ReplyDelete
  75. baru tau, jangan2 orang mesirpun bakal ketuker kalo ke indo, gereja di sangka mesjid. :D *gak semua ya!*

    ReplyDelete
  76. saya di Halbar juga gak bisa mbedakan pendeta dan ustadz
    :d

    ReplyDelete

thx banget yah atas commentnya